Auction System

 Pada kesempatan kali ini, kita akan membuat object program auction. Auction sendiri adalah proses membeli dan menjual barang atau jasa dengan cara menawarkan kepada penawar, menawarkan tawaran harga lebih tinggi, dan kemudian menjual barang kepada penawar harga tertinggi. Ada 4 class yang akan digunakan.


Class Auction : Class utama, tempat proses terjadinya pelelangan

Class Lot : Tempat untuk mendaftarkan barang yang ingin dilelang beserta deskripsi barang.

Class Person : Tempat menyimpan data/informasi peserta

Class Bid : Tempat menyimpan dan menampilkan penawar dan harga tawaran.


Class Diagram :



Source Code :

Auction


Lot


Bid


Person


Berikut langkah-langkah menjalankan program

1. Pertama klik kanan pada class auction dan klik new Auction() dan masukkan judul pelelangannya.



2. Kemudian, kita bisa input barang yang akan dilelang dengan cara klik kanan pada class auction yang sudah dijalankan (kotak merah di pojok kiri bawah) dan pilih void enterLot(String lotName)


3. Kita juga bisa melihat sementara untuk daftar barang-barang yang akan dilelang di pelelangan ini. Caranya, klik kanan pada class auction di pojok kiri bawah, lalu pilih void showlotsArr().


4. Lalu, kita menginputkan peserta pelelangan degan cara klik kanan pada class person dan pilih new Person(String newName).


5. Untuk melelang barang dengan sebuah harga, klik kanan pada class auction di pojok dan pilih makeBid(). Masukkan index barang yang ingin di bid, bidder, dan harga bid,


Maka akan muncul seperti ini


6. Setelah proses bid selesai, maka pemenang diraih oleh pelelang dengan harga tertinggi. Cara mengakhirinya dengan cara klik kanan pada class auction di pojok dan pilih method close(). Lalu secara otomatis akan menampilkan hasil dari pelelangan seperti berikut



Komentar

Postingan populer dari blog ini